Contak Person

Rabu, 11 Januari 2012

Kegiatan Kuliah

Kegiatan kuliah di Techno Informatika dilaksanakan dengan sistem kuliah yang penekanannya adalah "praktek".Bahkan hampir 100% kuliah dilaksanakan dengan praktek langsung, hal ini dimaksudkan untuk lebih memahamkan mahasiswa terhadap materi-materi kuliah. Dengan seringnya melakukan praktek, maka diharapkan mahasiswa akan semakin matang keilmuannya dan akan semakin siap pula apabila sudah terjun di dunia kerja dan bisnis.

Bukan berarti selama kuliah tidak diberikan teori sama sekali, akan tetapi teori diberikan yang seperlunya selama praktek berlangsung (disisipkan saat praktek). Hal ini bertujuan untuk memancing kreatifitas mahasiswa untuk bertanya tentang sesuatu yang belum dipahaminya, atau menjadikan pertanyaan tersebut jadi bahan diskusi diantara mahasiswa sendiri, sedangkan pihak dosen hanya memoderasi saja. Dan selanjutnya mahasiswa diajak bukan hanya untuk menjadi objek yang menerima ilmu, akan tetapi juga sebagai  subjek yang ikut mengembangkan keilmuwan yang sudah dimilikinya, dengan cara mencari sumber-sumber keilmuan yang ada diluar kampus, baik itu lewat buku, lewat internet, ataupun bertanya dengan orang lain yang memiliki bidang keilmuan yang sama.

Berikut adalah foto-foto kegiatan kuliah di TECHNO INFORMATIKA :

Praktek  hardware
Mahasiswa sedang melakukan kuliah praktek membongkar pasang segala macam perangkat keras komputer, mulai dari CPU, printer ink-jet & laser-jet, notebook, LCD, dll. Yang mana kesemuanya itu untuk melatih keberanian mahasiswa membongkar pasang peralatan, dan mengembalikan seperti semula atas dasar prinsip kehati-hatian dan ketelitian.

Praktek Ms. Offic
Mahasiswa TKJ sedang melakukan kuliah praktek Microsoft Office, meliputi MS.Word, Ms. Excel dan PowerPoint. Materi MS. Office adalah materi wajib yang harus dikuasai secara mendalam bagi semua mahasiswa Techno Informatika. Karena ini merupakan dasar ilmu komputer yang harus dimiliki bagi orang-orang yang akan memasuki dunia kerja dan bisnis.


Praktek pemrograman
Mahasiswa Program D1 Komputer melakukan kuliah praktek pemrograman. Matakuliah pemrograman yang diberikan adalah pemrograman DataBase, meliputi MS. Access dan Visual Basic. Diharapkan mahasiswa mampu membuat program-program dasar sampai program menengah. Yang selanjutnya diharapkan mahasiswa dapat mengembangkan sendiri ketingkat yang lebih rumit selepas selesai kuliah.

Praktek notebook
Mahasiswa sedang praktek notebook. Mahasiswa belajar membongkar notebook sampai terbongkar semuanya, kemudian merakitnya kembali seperti semula. Dalam membongkar notebook mahasiswa mendapatkan pemahaman mengenai komponen  yang ada di dalamnya, menganalisa komponen yang sering rusak dan bagaimana cara mengganti komponen yang rusak, diantaranya mengganti hardisk yang rusak, mengganti RAM, processor, chipset, dsb.



Praktek monitor LCD
Mahasiswa sedang praktek monitor LCD. Seperti membongkar notebook, membongkar monitor LCD juga mendapatkan pemahaman mengenai komponen yang ada di dalamnya, menganalisa komponen yang sering rusak, diantaranya adalah monitor mati total yang dikarenakan powersupplynya rusak, monitor gambar terlalu kekiri atau kekanan dikarenakan IC horisontalnya rusak, dsb.



Praktek printer inkjet
Mahasiswa sedang paraktek printer inkjet. Mahasiswa belajar membongkar printer inkjet untuk mendapatkan pemahaman mengenai komponen-komponen yang sering rusak, diantaranya adalah mencari penyebab printer macet saat menggulung kertas karena ada kotoran atau karet penggulung yang aus atau rusak, mengganti belt pemutar yang putus, dll.



Praktek monitor CRT (tabung)
Mahasiswa sedang praktek monitor CRT (tabung).  Mahasiswa membongkar monitor untuk mengetahui komponen yang ada di dalamnya, serta mengenal nama-nama komponennya, dan mengenal komponen-komponen yang sering rusak. Diantaranya adalah transistor vertikal, transistor horisontal, RGB, flyback, power supply, dsb.




Praktek printer laserjet
Mahasiswa sedang praktek printer laserjet. Mahasiswa membongkar printer laserjet untuk mengetahui komponen-komponen didalamnya, serta  untuk memahami cara kerja printer laserjet dan tentang perbedaannya dengan printer inkjet. Tentunya permasalahan yang ada pada printer laserjet lebih rumit. Diantara adalah printer nyala tapi tak bisa prinout, kertas macet (paperjump), hasil printout bergaris, hasil prinout tidaka jelas, dsb.
Mahasiswa praktek membongkar CPU. Mahasiswa membongkar CPU sampai terlepas semua, kemudian merakitnya kembali seperti semula. Dengan membongkar CPU mahasiswa mendapatkan ketrampilan untuk merakit, mengganti komponen yang rusak, dan mengenal komponen-komponen penyusunnya. Kemudian akan dijelaskan fungsi masing-masing komponen, serta masalah-masalah yang sering muncul dan cara penangannya.






<iframe width="480" height="360" src="http://www.youtube.com/embed/OZTMz27uUEY" frameborder="0" allowfullscreen></iframe>


Tidak ada komentar:

Posting Komentar